19 Syawal 1443  |  Sabtu 21 Mei 2022

basmalah.png

Masjid Terindah Versi Media Inggris

Fiqhislam.com - Koran Harian Inggris, The Telegraph, menerbitkan sebuah galeri foto masjid terindah di dunia. Galeri itu menunjukkan arsitektur luar biasa dari sejumlah tempat ibadah dari berbagai belahan dunia Islam.
 
Masjid Sheikh Lotfollah di kota Isfahan, Iran menduduki puncak teratas dalam daftar 25 masjid terindah di dunia lantaran arsitekturnya yang tak biasa. "Karena lokasinya di Iran, masjid ini masih sangat sedikit dieksplorasi oleh turis Barat," tulis Telegraph tentang masjid tersebut, dilansir dari onislam.net.
 
Masjid yang dibangun pada awal abad ke-17 di bawah Shah Abbas I ini tidak memiliki halaman atau menara. Menurut harian Inggris itu, Masjid Sheikh Lotfollah memang tidak pernah dimaksudkan untuk kepentingan umum, tetapi hanya didedikasikan untuk anggota harem Shah Abbas.

Masjid lain di Iran, yaitu Masjid Nasir al Molk di Shiraz, menempati peringkat kedua dalam daftar masjid paling indah versi Telegraph. Jendela kaca patri memunculkan pemandangan spektakuler di pagi dan sore hari, saat sinar matahari membentuk pola cahaya yang menghiasi kubah.

Selanjutnya, Masjid Biru di Istanbul menempati daftar ketiga. Masjid yang dibangun di bawah pemerintahan penguasa Ottoman, Ahmed I, antara tahun 1609-1616 ini digambarkan begitu megah, mewah, dan memperdaya. Masjid ini memiliki enam menara yang menjulang ke langit Istanbul.
 
The Telegraph juga mencatat sejumlah masjid dalam daftar ini, antara lain Masji al-Haram, Masji al-Aqsha, Masjid Nabawi, Masjid Koutoubia di Maroko, Masjid Ubudiah di Kuala Kangsa, Masjid Faisal di Pakistan, Taj-ul Masajid di India, Masjid Sheikh Zayed di Emirates, Masjid Sultan Qaaboos di Oman, Masjid Agung Samarra di Irak, dan Masjid Pasha Mustafa Lala di utara Siprus. [yy/republika]