25 Syawal 1443  |  Jumat 27 Mei 2022

basmalah.png

Habiskan Waktu 3 Tahun, Seniman Azerbaijan Salin Al Quran di Atas Kertas Sutra


Fiqhislam.com - Seniman asal Azerbaijan yang juga pelukis dekoratif Tünzale Memmedzade berhasil menulis ulang atau menyalin isi Al Quran ke atas lembaran kertas sutra berwarna hitam. Dia menghabiskan waktu lebih dari tiga tahun lamanya.

Proyek seni yang dimulai sejak 2013 tersebut dilakukannya setelah mengetahui Quran tidak pernah disalin ke atas lembaran sutra. Dia mulai bekerja pada lembaran berukuran 11,4 x 13 sentimeter. Dia menggunakan tinta berwarna emas yang makin membuat karya tersebut jadi indah.


"Saya menyalin ulang Al Quran sesuai dengan versi yang diterbitkan oleh Diyanet dari Departemen Agama Agama," ujarnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2016).

Kaligrafi mewah ciptaan Tünzale Memmedzade mengingatkan pada tradisi yang luar biasa dari seni Islam. Karyanya pun jadi salah satu karya yang dipamerkan di eksibisi kaligrafi dirayakan di negeri Paman Sam yang berjudul 'The Art of the Qur'an: Treasures from the Museum of Turkish and Islamic Arts'.

Eksibisi tersebut menampilkan 60 koleksi karya seni. Pameran masih berlangsung hingga 20 Januari 2017 mendatang. [yy/detik.com]