FIQHISLAM.com

BERITA TERKINI
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Ibadah Sekeping Dunia
05 Juli 2015
Ibadah Sekeping Dunia
BERITA INTERNASIONAL
Sinai Dikuasai ISIS, Israel Ketakutan
DUNIA ISLAM
ISIS Eksekusi Imam Masjid Irak
TUNTUNAN RAMADHAN
Keutamaan Berdzikir di Bulan Ramadhan
BERITA INTERNASIONAL
Pertempuran Sengit Terjadi di Aleppo, Suriah
SEPUTAR RAMADHAN
Muhammadiyah akan Berlebaran Tanggal 17 Juli
BERITA INTERNASIONAL
Irak: ISIS Lakukan 4 Juta Pelanggaran Kemanusiaan
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Pakai Pakaian Baru, Ada Adabnya
BERITA INTERNASIONAL
Sejumlah Anggota IM Disiksa Hingga Tewas
DUNIA ISLAM
Turunnya Status Madrasah di India
BERITA INTERNASIONAL
Serangan Udara ke Yaman Tewaskan 23 Orang
BERITA INTERNASIONAL
Prancis Janji Bantu Kamerun Hadapi Boko Haram
ISLAM INDONESIA
Ade Armando: Allah tidak Mengharamkan LGBT!
BERITA INTERNASIONAL
Ledakan di Masjid Tewaskan 25 Pejuang Militan
BERITA INTERNASIONAL
ISIS Diduga Kirim Roket ke Perbatasan Israel
BERITA INTERNASIONAL
Israel Tuding Hamas Danai Militan Sinai
POPULER
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Sujud Sahwi, Apa dan Bagaimana?
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Cara Ketahui Keshalehan Seseorang
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Kaum Bani Israil Masa Kini
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Takdir Allah Tak Pernah Salah
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Apakah Jin Punya Akal?
ARTIKEL ISLAMI
Pemaaf itu Indah
NABI MUHAMMAD SAW
Di Telaga itu, Rasul Menanti
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
12 Akhlak Para Nabi
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Banyak Bicara, Dekat pada Bencana
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Ucap Alhamdulillah Saat Bersin
Mencairkan Peluang Bisnis Makanan Beku PDF Print E-mail

Mencairkan Peluang Bisnis Makanan BekuFiqhislam.com - Gaya hidup praktis turut mengubah pola konsumsi masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari makanan cepat saji yang kian laris. Tak terkecuali makanan beku atau frozen food. Makanan jenis ini makin disukai lantaran tak perlu memasak dan mengolahnya lagi. Konsumen hanya perlu menghangatkan dan makanan sudah siap disajikan.

Peluang bisnis makanan beku tidak disia-siakan oleh Wenny Tri Suryani (29 tahun), pemilik Fantastic Frozen di Yogyakarta. Ia mengklaim, Fantastic Frozen merupakan solusi makanan praktis yang sehat karena tidak mengandung bahan pengawet. "Selain itu, juga bisa bertahan lama di dalam freezer," katanya.

Fantastic Frozen menyajikan beragam makanan beku, seperti sosis, nugget, bakso, bakpao, pempek, otak-otak, ikan kakap merah, dan donat kentang. Rata-rata makanan dijual dalam kemasan berukuran 250 gram dengan kisaran harga Rp 13.000– Rp 30.000 per pieces.

Fantastic Frozen sudah dirintis tahun 2008. Pada November 2011, Wenny menawarkan kemitraan. Saat ini, Fantastic Frozen sudah memiliki 23 gerai di pelbagai lokasi, seperti Yogyakarta, Kudus, Madiun, Jabodetabek, Banjarmasin, dan Batam. "Dari 23 gerai itu, dua gerai milik sendiri," ujar Wenny.

Fantastic Frozen menawarkan dua paket investasi. Pertama, paket outlet senilai Rp 45 juta. Mitra mendapatkan tiga buah freezer, renovasi interior, neon box, meja display, bahan baku, dan motor untuk pemasaran keliling.

Dari paket ini, mitra diperkirakan meraup omzet Rp 25 juta per bulan. Laba bersih Rp 5 juta per bulan setelah dikurangi gaji karyawan dan fee tenaga marketing keliling.

Kedua, paket kafe senilai Rp 100 juta. Mitra mendapatkan tiga buah freezer, perlengkapan masak, kursi dan meja pengunjung, renovasi tempat, neon box, meja display, bahan baku, dan motor box untuk pemasaran keliling.

Menurut estimasi, mitra bisa mendapatkan omzet Rp 40 juta per bulan. Laba bersih paket ini sekitar Rp 10 juta per bulan. "Mitra kami sudah bisa balik modal dalam jangka satu tahun," ucap dia.

Sumber pendapatan mitra tidak hanya dari penjualan di gerai. Mitra juga didorong membuka bazaar setiap akhir pekan, serta penjualan keliling dengan motor.

Sumber pemasukan paket kafe ditambah dari menjual makanan dalam bentuk matang. Fantastic Frozen tak memungut biaya royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku dari pusat.

Salah seorang mitra Fantastic Frozen di Madiun, Sri Wahyuni Mujiastuti, mengungkapkan bisnis ini cukup menjanjikan. Sri menjadi mitra sejak awal November 2012. Ia mengklaim, perkembangan bisnisnya cukup baik selama tiga bulan menjadi mitra.

Setiap bulan, Sri memperoleh omzet Rp 10 juta - Rp 12 juta. Ia menargetkan, balik modal kurang dari setahun. "Fantastic Frozen produk baru, apalagi di Madiun. Jadi, harus pakai sistem jemput bola dan memberi pengetahuan tentang produk kepada calon pembeli," ujarnya.

Sri bisa menjual 40 bungkus per hari. Penjualan di outlet sebanyak 30 bungkus, sisanya dari penjualan keliling. [yy/kontan/foto kontan.co.id]

Fantastic Frozen
Jl Palagan Tentara Pelajar
Km 9,2 No 1A, Kamdamen,
Sleman, Yogyakarta
HP: 0817 545 3610