FIQHISLAM.com

BERITA TERKINI
ARTIKEL UMUM
Apa Itu Agama Baha’i
26 Juli 2014
Apa Itu Agama Baha’i
BERITA INTERNASIONAL
Hamas dapat Restu Abbas Gempur Israel
BERITA INTERNASIONAL
230.000 Warga Ukraina Mengungsi akibat Konflik
BERITA INTERNASIONAL
Korban Tewas Warga Palestina Jadi 808 Orang
BERITA INTERNASIONAL
Iran Tawarkan Teknologi Teknologi Roket ke Hamas
BERITA NASIONAL
Daftar Calon Menteri yang Diusulkan Tim Jokowi
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Tata Cara Mandi Besar (Mandi Junub)
BERITA INTERNASIONAL
Kafe di Belgia: Anjing Silahkan, Zionis Tidak
BERITA INTERNASIONAL
ISIS Usir Orang Kristen Dari Kota Mosul
BERITA INTERNASIONAL
Khamenei Serukan Perlawanan Bersenjata di Palestina
BERITA INTERNASIONAL
Memahami Geopolitik Gaza
ISLAM INDONESIA
MUI: Baha'i Agama Produk Manusia
RUMAH TANGGA
Tidak Boleh Merusak Kepemimpinan Suami
BERITA INTERNASIONAL
Ketika Jerman Teriakkan Anti
BERITA INTERNASIONAL
Al-Qaeda Ingin Bangun 'Emirat' di Yaman Timur
BERITA INTERNASIONAL
Irak Bom Falluja, 19 Orang Tewas
POPULER
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Mengapa Rasul Melarang Debat?
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Hari Jumat dan Dajjal
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Tiga Cincin Tauhid
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Jika Suami Minta Izin Menikah
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Empat Cara Bersyukur pada Allah SWT
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Mengapa Hari Jumat Ada dalam Al-Quran?
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
2 Macam Jimat, Bagaimana Hukumnya?
ARTIKEL ISLAMI
9 Renungan Kehidupan
BERITA INTERNASIONAL
Mencermati Kegagalan Israel
SYARIAH AKIDAH AKHLAK IBADAH
Doa Yang Sangat Kita Perlukan
Mencairkan Peluang Bisnis Makanan Beku PDF Print E-mail

Mencairkan Peluang Bisnis Makanan BekuFiqhislam.com - Gaya hidup praktis turut mengubah pola konsumsi masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari makanan cepat saji yang kian laris. Tak terkecuali makanan beku atau frozen food. Makanan jenis ini makin disukai lantaran tak perlu memasak dan mengolahnya lagi. Konsumen hanya perlu menghangatkan dan makanan sudah siap disajikan.

Peluang bisnis makanan beku tidak disia-siakan oleh Wenny Tri Suryani (29 tahun), pemilik Fantastic Frozen di Yogyakarta. Ia mengklaim, Fantastic Frozen merupakan solusi makanan praktis yang sehat karena tidak mengandung bahan pengawet. "Selain itu, juga bisa bertahan lama di dalam freezer," katanya.

Fantastic Frozen menyajikan beragam makanan beku, seperti sosis, nugget, bakso, bakpao, pempek, otak-otak, ikan kakap merah, dan donat kentang. Rata-rata makanan dijual dalam kemasan berukuran 250 gram dengan kisaran harga Rp 13.000– Rp 30.000 per pieces.

Fantastic Frozen sudah dirintis tahun 2008. Pada November 2011, Wenny menawarkan kemitraan. Saat ini, Fantastic Frozen sudah memiliki 23 gerai di pelbagai lokasi, seperti Yogyakarta, Kudus, Madiun, Jabodetabek, Banjarmasin, dan Batam. "Dari 23 gerai itu, dua gerai milik sendiri," ujar Wenny.

Fantastic Frozen menawarkan dua paket investasi. Pertama, paket outlet senilai Rp 45 juta. Mitra mendapatkan tiga buah freezer, renovasi interior, neon box, meja display, bahan baku, dan motor untuk pemasaran keliling.

Dari paket ini, mitra diperkirakan meraup omzet Rp 25 juta per bulan. Laba bersih Rp 5 juta per bulan setelah dikurangi gaji karyawan dan fee tenaga marketing keliling.

Kedua, paket kafe senilai Rp 100 juta. Mitra mendapatkan tiga buah freezer, perlengkapan masak, kursi dan meja pengunjung, renovasi tempat, neon box, meja display, bahan baku, dan motor box untuk pemasaran keliling.

Menurut estimasi, mitra bisa mendapatkan omzet Rp 40 juta per bulan. Laba bersih paket ini sekitar Rp 10 juta per bulan. "Mitra kami sudah bisa balik modal dalam jangka satu tahun," ucap dia.

Sumber pendapatan mitra tidak hanya dari penjualan di gerai. Mitra juga didorong membuka bazaar setiap akhir pekan, serta penjualan keliling dengan motor.

Sumber pemasukan paket kafe ditambah dari menjual makanan dalam bentuk matang. Fantastic Frozen tak memungut biaya royalti. Namun, mitra wajib membeli bahan baku dari pusat.

Salah seorang mitra Fantastic Frozen di Madiun, Sri Wahyuni Mujiastuti, mengungkapkan bisnis ini cukup menjanjikan. Sri menjadi mitra sejak awal November 2012. Ia mengklaim, perkembangan bisnisnya cukup baik selama tiga bulan menjadi mitra.

Setiap bulan, Sri memperoleh omzet Rp 10 juta - Rp 12 juta. Ia menargetkan, balik modal kurang dari setahun. "Fantastic Frozen produk baru, apalagi di Madiun. Jadi, harus pakai sistem jemput bola dan memberi pengetahuan tentang produk kepada calon pembeli," ujarnya.

Sri bisa menjual 40 bungkus per hari. Penjualan di outlet sebanyak 30 bungkus, sisanya dari penjualan keliling. [yy/kontan/foto kontan.co.id]

Fantastic Frozen
Jl Palagan Tentara Pelajar
Km 9,2 No 1A, Kamdamen,
Sleman, Yogyakarta
HP: 0817 545 3610