AGENDA MUSLIM

BERITA & ARTIKEL TERKINI

  1. Standar Mematuhi Para Pemimpin
    Kamis, 17 April 2014
  2. Disebut Sembunyikan MH370 di Diego Garcia, AS Ngamuk
    Kamis, 17 April 2014
  3. 18 Persen Jihadis Asing di Suriah adalah Warga Negara Inggris
    Kamis, 17 April 2014
  4. Yunani dan Turki Bersatu Kecam Serangan Islamofobia di Yunani
    Kamis, 17 April 2014
  5. MUI Siap Menarik Diri dalam Urusan Sertifikasi Halal
    Kamis, 17 April 2014
  6. Tempat Ibadah Banyak yang Hancur, Partai Sunni di Pakistan Berang
    Kamis, 17 April 2014
  7. Lebih Dari 20 Orang Jadi Korban Akibat Bentrokan Di Afrika Tengah
    Kamis, 17 April 2014
  8. Pasukan Chad Mundur, Ribuan Orang Mengungsi dari CAR
    Kamis, 17 April 2014
  9. Hamas Sebut Israel Main Mata Dengan AS Dalam Perundingan Damai
    Kamis, 17 April 2014
  10. Pasukan Elit Membelot ke Kubu Pro-Rusia
    Kamis, 17 April 2014
  11. Ukraina gelar Operasi militer besar-besaran, 11 terbunuh
    Kamis, 17 April 2014
  12. UE Merujuk Islam Indonesia
    Kamis, 17 April 2014
  13. Presiden Kroasia Sambut Dialog Lintas Agama Indonesia
    Kamis, 17 April 2014
  14. Raja Saudi Ganti Kepala Badan Intelejen
    Rabu, 16 April 2014
  15. Chad Akan Tarik Tentara Dari Afrika Tengah
    Rabu, 16 April 2014
  16. Tokoh Tatar Crimea Ancam Angkat Senjata Jika Ditindas Rusia
    Rabu, 16 April 2014
  17. Hukum Pembagian Waris Dalam Islam Ditolak Pengacara Sekuler Di Inggris
    Rabu, 16 April 2014
  18. Perwira Zionis Terbunuh, Media Israel Cemas Ancaman Penculikan Hamas
    Rabu, 16 April 2014
  19. NU dan Muhammadiyah Akan Pimpin Pertemuan Parpol Islam
    Rabu, 16 April 2014
  20. Penculik Dubes Jordania Untuk Libya Minta Pembebasan Tahanan Di Penjara Amman
    Rabu, 16 April 2014
  21. Mungkinkah Ikhwanul Muslimin, Al Qaeda dan Hamas Menjadi Kekuatan Jihad Baru di Mesir?
    Rabu, 16 April 2014
  22. Dalam Satu Hari, Kairo Diguncang 2 Ledakan Bom Yang Menargetkan Aparat Kepolisian Mesir
    Rabu, 16 April 2014
  23. Intelijen Rusia: Penumpang MH370 Disandera dalam Tujuh Grup
    Rabu, 16 April 2014
  24. Putin: Ukraina Diambang Perang Saudara
    Rabu, 16 April 2014
  25. Al-Qaeda Gelar Rapat Besar, AS Kecolongan
    Rabu, 16 April 2014
  26. Abu Bashir At Thartusi Bantah Jabhah Islamiyah Bentukan Barat
    Rabu, 16 April 2014
  27. Syaikh Qardhawi Serukan Jumat Kemarahan Dukung Masjid Al-Aqsha
    Rabu, 16 April 2014
  28. Konferensi Islam tentang Masjid Al-Aqsha Digelar di New Delhi India
    Rabu, 16 April 2014
  29. Syeikh Usamah Rifa’i ditetapkan sebagai Ketua Umum Majelis Islam Suriah
    Rabu, 16 April 2014
  30. Kesimpulan Muktamar Majelis Islam Suriah
    Rabu, 16 April 2014
Wahabi Indonesia, Berawal dari Kaum Padri PDF Print E-mail

Fiqhislam.com - Pada awal abad ke-19 M, gerakan Wahabi yang berkembang pesat di Arab Saudi mulai melemah.

Wahabi Indonesia, Berawal dari Kaum Padri Adalah Sultan Mahmud II (1785-1839 M), Sultan Kerajaan Turki Utsmani yang memerintahkan kepada Muhammad Ali, penguasa Turki Utsmani di daerah taklukan, untuk merebut Makkah dan Madinah dari tangan kaum Wahabi. Pada 1813 M, ekspedisi tersebut membuahkan hasil.

Menurut Ensiklopedi Islam, meski sempat melemah di Arab Saudi, ajaran Wahabi justru telah tersebar luas ke berbagai negara seperti India, Sudan, Libya serta ke Indonesia.

Penyebaran aliran Wahabi ke wilayah Nusantara dibawa oleh para haji yang baru pulang menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci. Salah satunya melalui kaum Padri di Minangkabau yang dikembangkan tiga tokoh.

Guru Besar Ilmu Sejarah Pemikiran Politik Islam pada Fakultas Adab IAIN Sunan Ampel Surabaya, Abd A’la, dalam pidato ilmiahnya mengungkapkan, ketiga tokoh yang tertarik dengan ajaran Wahabi itu adalah Haji Miskin dari Lu(h)ak Agam, Haji Abdur Rahman dari Piobang, bagian dari Lu(h)ak Limah Puluh Kota, dan Haji Muhammad Arief dari Sumanik, Batusangkar.

''Sekembali dari Tanah Suci antara tahun 1803 dan 1804, Haji Miskin membawa ide bahwa perubahan total dalam masyarakat Minangkabau yang (dalam anggapannya) tidak sesuai dengan ajaran Alquran harus dilakukan melalui kekuatan sebagaimana dilakukan kaum Wahabi di Arab,'' tutur Prof A'la.

Secara prinsip, kata Prof A'la, ide itu juga diamini oleh dua Haji yang lain. Sejak saat itu, gerakan kaum Padri mulai berusaha menancapkan pengaruhnya di berbagai daerah Minangkabau. Menurut dia, dalam upaya melakukan perubahan radikal, gagasan-gagasan tiga Haji itu mendapat tantangan keras dari guru-guru Tarekat Syattariyah.

Usaha ketiga tokoh itu dan tidak dapat berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Menurut Prof Abd A'la, Haji Miskin misalnya, yang berasal dari Empat Angkat, Agam, tidak mampu meyakinkan Tuanku Nan Tuo, tokoh agama yang dulu menjadi teman seperdagangan sebelum berangkat ke Tanah Suci mengenai pola keagamaan yang akan dikembangkan.

''Karena itu ia pergi ke Enam Kota, dan tinggal di Pandai Sikat. Di sini ia tidak begitu berhasil melakukan pembaharuan, dan terpaksa angkat kaki menuju Kota Lawas. Setelah mengalami beberapa kesulitan, akhirnya Haji Miskin bersama Kaum Padri berhasil mengenalkan pembaharuan mereka,'' papar A’la.

Setelah itu, seluruh Enam Kota termasuk Kota Lawas dan Pandai Sikat menjadi benteng kaum Padri, setelah sebelumnya mereka melakukan pembakaran terhadap balai di Kota Lawas.

Menurut Prof Abd A'la, pada awalnya gerakan Padri merupakan gerakan sporadis yang ada di berbagai tempat di Minangkabau.

Dengan berlalunya waktu, para pemukanya saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga gerakan Padri menjadi satu komunitas yang relatif terorganisir. Kekuatan kaum Padri mulai menemukan pijakan yang kokoh ketika pada 1811. Saat itu, Haji Miskin sampai di Bukit Kamang dan bertemu dengan Tuanku Nan Renceh, pemuka agama yang juga bervisi sama.

Di sana mereka sepakat merencanakan pembaharuan masyarakat secara total. Mereka didukung oleh enam pemuka lain yang kemudian disebut Harimau Nan Selapan (karena jumlahnya delapan orang). Mereka adalah Tuanku di Kubu Sanang, Tuanku di Ladang Lawas, Tuanku di Padang Luar, Tuanku di Galung, Tuanku di Koto Ambalan, dan Tuanku di LubukAur.

Selanjutnya, pada tahun 1813 Tuanku Lintau ikut bergabung dan menjadi penganut fanatik ajaran-ajaran kaum Padri.

Sejatinya jauh sebelum itu, sekitar tahun 1807, Tuanku Muda dari Alahan Panjang dan nantinya disebut Tuanku Imam Bonjol ikut memperkuat posisi kaum Padri.

Melalui tangan dingin para pemuka itu, kaum Padri sebagaimana akan dijelaskan nanti berkembang menjadi gerakan yang menyebar di alam Minangkabau dengan segala karakteristiknya dan nantinya menguasai seluruh nagari di sana.

''Sejarah mencatat, kaum Padri tidak hanya melakukan pembaharuan keislaman di daerah Minangkabau semata. Kelompok ini juga melakukan islamisasi ke Tapanuli Selatan yang terletak di utara alam Minangkabau dan daerah-daerah sekitarnya,'' ujar Prof Abd A'la.

Setelah itu, paham Wahabi masih berkembang pesat di Indonesia. Pengikut manhaj dakwah Muhammad bin Abdul Wahab sangat sangat pesat pekembangannya.

Di era prakemerdekaan dan pascakemerdekkaan, pemikiran Wahabi banyak memengaruhi pemikiran Muhammadiyah, Persis, dan Al-Irsyad. Namun demikian, kehadiran Wahabi setelah tahun 90-an, semakin merebak dan fenomenal dengan aliran Wahabi terbaru yang menamakan diri sebagai jamaah salafiyah. Di Indonesia, gerakan salafi terpecah ke dalam beberapa kelompok.

Kelompok-kelompok Salafiyah
Sejatinya, para pengikut Muhammad bin Abdul Wahab menamakan diri mereka dengan Salafiyun. Namun, para penentang dan lawan dari gerakan ini menyebutnya sebagai Wahabi. Menurut para pengikut Abdul Wahab, sebutan Wahabiyun diberikan oleh kaum orientalis agar orang menjauh.

Di kawasan Timur Tengah, aliran Salafi terpolarisasi ke dalam beberapa kelompok:

Pertama, Kelompok Salafiyah Politik. Dengan alasan universalitas risalah Islam, kelompok ini lebih menaruh perhatian pada persoalan-persoalan politik ketimbang akidah.

Kedua, Salafiyun Al-Albaniyun. Kelompok ini mengikuti Syekh Al-Muhandits Nashiruddin Al-Albani. Mereka memerangi fanatisme mazhab, mazhab-mazhab fikih, taklid dan loyalitas terhadapnya, sekalipun oleh kalangan awam. Tetapi pada saat yang bersamaan, mereka juga mentaklid semua pendapat Syekh Nasiruddin Al-Albani.

Ketiga, Salafiyun Al-Jamiyun. Tokohnya adalah Syekh Rabi’ Al-Madkhali. Kelompok ini sering menyerang dan menyalahkan ulama dan dai yang bertentangan dengan mereka. Keempat, pengikut Syekh bin Baz. Kelompok yang keempat ini belum terorganisir.

republika.co.id
 


 

ARTIKEL LAIN

Free joomla themes, hosting company.