10 Hikmah Shalat

10 Hikmah Shalat

Fiqhislam.com - Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan tiap muslim yang sudah balig dan berakal. Banyak keutamaan yang akan diperoleh tiap orang yang menjalankan ibadah Shalat namun tidak banyak yang menyadarinya.

Shalat bukan hanya menjalankan rutinitas dan ritual semata atau menggugurkan kewajiban, namun Shalat jika dilaksanakan dengan benar dan bersungguh-sungguh akan mendatangkan ketenangan hati dan keselamatan dalam hidup di dunia maupun di akhirat nanti.

Syeikh Imam Nawawi al-Bantani dalam kitabnya Nashoihul 'ibad menyebutkan ada 10 Hikmah Shalat sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Rasulullah SAW bersabda: As sholatu 'imaduddin wafiiha 'ashru khishoolin, Zainul wajhi wanurul qolbi, warokhatul badni, waunsun filqobri, wamunzilurrakhmati, ,wamiftaakhussamaai, watsiqlul miizaani, wamardhooturrabbi, watsamanul Jannatu, wahijabum minannaari, Faman aqomaha faqod aqoomaddin, waman tarokaha faqod hadamaddiiin".

Berikut 10 hikmah yang terkandung dalam Shalat:

1. Dapat mencerahkan wajah

Sebelum menjalankan Shalat, kita diwajibkan untuk berwudhu. Secara lahir, wudu ini membersihkan wajah kita dari kotoran yang melekat. Orang yang menjalankan Shalat dengan catatan khusyuk dan bersungguh-sungguh wajahnya akan cerah.

2. Menerangi hati

Orang yang menjalankan Shalat hatinya akan merasa lebih tenang. Kita hanya fokus mengingat Allah.

3. Menyehatkan badan

Menjalankan ibadah Shalat juga akan membuat badan sehat. Sebab, ritual dan gerakan Shalat seperti halnya orang yang sedang berolahraga mulai dari kepala hingga kaki semua kita gerakkan.

4. Menjadi faktor ketenangan dalam kubur

Shalat merupakan salah satu bekal amal ibadah yang akan menolong kita kelak di akhirat nanti. Dalam sebuah hadis disebutkan, amal ibadah pertama yang ditanya di akhirat nanti adalah Shalat.

Karena itu, bagi orang yang menjalankan Shalat insyaallah akan merasa tenang saat di alam kubur karena akan diterangi dari amal ibadah Shalat.

5. Menjadi sebab turunnya rahmat

Allah akan membukakan pintu rahmat-Nya kepada hamba-Nya yang melaksanakan perintah-Nya dengan menjalankan Shalat.

6. Kunci membuka pintu langit

Orang yang rajin menjalankan Shalat dan terus berdoa fa insyaallah akan dibukakan pintu langit untuknya. Dalam artian, doanya cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

7. Dapat memberatkan timbangan

Shalat adalah barometer keimanan seseorang. Barangsiapa yang menyempurnakannya (menjalankan Shalat lima waktu) maka kelak akan memperoleh pahala yang sempurna (HR. Dailami)

8. Tempat keridloan Allah

Shalat adalah sarana pendekatan diri kepada Allah bagi setiap orang yang bertakwa. (HR Qadloi). Tiada suatu keadaan seorang hamba yang lebih Allah cintai, kecuali sewaktu Allah melihat hambaNya tengah bersujud dan menempelkan wajahnya ke tanah ( HR. Thabrani)

9. Bernilai Surga

Allah menjanjikan bagi hamba-nya yang menjalankan Shalat lima waktu dengan surga yang penuh kenikmatan (jannatun Naim)

10. Menjadi Tabir dari Siksa Neraka

Barangsiapa yang menjalankan Shalat lima waktu maka Shalatnya kelak akan menjadi cahaya, hujjah dan penyelamat baginya pada hari kiamat. Barangsiapa yang tidak dapat memelihara Shalatnya kelak akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama Firaun, Qarun, dan Hamman. ( HR Ibnu Nasr).

Demikian banyaknya hikmah Shalat. Sebaliknya ancaman bagi mereka yang lalai menjalankan Shalat. Semoga kita diberikan sikap istikamah menjalankan Shalat agar mendapat rida-Nya. [yy/iNews]