16 Safar 1441  |  Rabu 16 Oktober 2019

MUI Palu Lakukan Sertifikasi DaiFiqhislam.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), bakal melakukan pembinaan kepada para da'i atau mubaligh di daerah tersebut. Ini dilakukan guna mewujudkan da'i berkualitas dan berkompoten dengan cara melakukan sertifikasi.

"MUI berkeinginan mendorong kader dan para da'i yang siap memberikan pencerahan di tengah tengah masyarakat, seiring kompleksnya dinamika kehidupan," kata Prof. Zainal Abidin, di Palu, Ahad (7/2).

Pakar Pemikiran Islam Modern itu mengatakan, MUI setempat dalam waktu dekat akan mendata dan mengundang semua da'i untuk dibekali dengan strategi penyampaian dakwah yang sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh ummat saat ini. Kata dia, MUI lewat program tersebut, kemungkinan tidak akan memberikan sertifikat kepada da'i yang dipandang kurang berkompoten, dan tidak menguasai persoalan yang dihadapi umat, serta tidak dapat memberikan solusi terkait masalah yang dihadapi.

"Kemungkinan akan ada da'i yang layak diberikan serifikat, dan da'i yang tidak layak untuk diberikan sertifkat," sebutnya.

Dirinya mengutarakan bahwa saat ini banyak problem dan dinamika yang dihadapi oleh umat seiring dengan perkembangan zaman, yang dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut. Mulai dari persoalan ekonomi, pendidikan, budaya dan adat istiadat, hingga masalah rumah tangga, semuanya memiliki keterkaitan dengan akidah. [yy/republika]

2007 ~ 2019  |  Copyright  Fiqhislam.com  |  Design by JoomlaShine